Sunday 13 January 2019

LAYANGAN YANG MENGUDARA TAK SEBEBAS BURUNG MELAYANG

Layangan yang Mengudara
Tak Sebebas Burung Melayang


Mungkin sobat pernah bahkan sering melihat layang-layang yang dimaini oleh anak-anak dan orang dewasa. Pernahkah terbayangkan jika nasib kita akan sama persis dengan layang-layang?

Yang ditarik ulur dan di kontrol sesuka hati pemiliknya.


Ungkapan diatas setidaknya cukup mewakili bagi setiap perasaan seorang karyawan. Bukan tidak mungkin, seorang karyawan mau tidak mau, suka tidak suka harus mengikuti perintah atasan sekalipun ia(karyawan) memaki dalam hati. Toh, apa yang di perintahkan tetap dilakukan.


Dan tidak sedikit pula yang berani mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman mereka dengan cara risent atau berhenti dari tempat bekerja untuk memulai usaha sendiri.

Memang tidak salah! Sebab siapa sih yang mau menjadi karyawan yang di control dan diatur seumur hidupnya.

"Setinggi apapun pangkatmu, tetaplah kamu seorang pegawai. Tapi, sekecil apapun bidang usahamu, kamu tetap sebagai bosnya." kutipan Bob Sadino.

Siapa sih yang tidak kenal Bob Sadino, seorang pengusaha telur, sayuran organik dan juga pemilik supermarket. Yang pada awal memulai usahanya dengan berjualan telur dari rumah ke rumah. 


Tapi sobat jangan salah, Bob Sadino juga dulunya seorang karyawan di luar negeri sebelum ia berkecimbung di dunia bisnis usaha.

Sobat perlu tahu. Untuk memulai usaha haruslah dengan persiapan yang lebih matang. Sebab, membuka usaha tak semudah dengan membalikkan telapak tangan. 

Membuka usaha sendiri berarti semua sistem dan pengelolahannya di kontrol oleh diri kita sendiri. Tapi tahukah sobat? Ternyata memerintah diri sendiri itu lebih sulit dibandingkan memerintah orang lain. 

Jika sobat tidak berbekal mental yang kuat, ilmu yang memadai serta modal yang cukup  untuk menghadapi segala bentuk tantangan memperjuangkan usaha sobat sendiri. Jangan harap hasilnya akan sesuai harapan. Bisa-bisa sobat menyesal dan balik lagi jadi karyawan.

Tapi jangan berkecil hati jika sobat masih berstatus sebagai karyawan dan mempunyai keinginan memiliki usaha sendiri namun dibatasi beberapa hal, seperti modal yang memang kebanyakan menjadi pokok permasalahan para wirausahawan.

Sobat harus lebih sabar lagi, jadilah karyawan yang baik, teruslah menggali ilmu di tempat Sobat bekerja dan pelajari sistem di tempat sobat bekerja, karena sistem adalah hal yang menjadi dasar ketika Sobat nantinya memiliki usaha sendiri. 
Disamping itu, Sobat juga bisa menabung lebih banyak lagi untuk persiapan modal.


Menjadi karyawan memang tak membuatmu kaya, akan tetapi dapat membuatmu memenuhi kebutuhan hidup.

Dibawah telunjuk orang memang rasanya tidak enak, tapi tidak ada ilmu yang murah. Tanpa disadari Sobat akan tertular pengetahuan mereka. Itulah yang disebut pengalaman.

Salam...  












No comments:

Post a Comment